TUGAS 6 [ RIZKI ] : Langkah Dasar Dan Contoh Simulasi Antrian

 Langkah-Langkah Dasar Simulasi

1. Menetapkan karakteristik masukan.

– Biasanya dimodelkan sebagai distribusi probabilitas 

2. Menkonstruksi tabel simulasi. 

       – Spesifikasi masalah 

       – Biasanya terdiri dari sekumpulan masukan dan lebih dari satu respon – Pengulangan 

3. Membangkitkan nilai secara berulanag untuk setiap masukan dan mengevaluasi fungsi. 


Berikut Tabel Langkah-langkah dasar simulasi, seperti gambar dibawah ini. 

Contoh Simulasi Sistem Antrian.

Sistem antrina terdiri dari: 
  1. Pemanggilan populasi (Calling population): Biasa tidak terbatas: jika sebuah unit keluar, tidak ada perubahan pada laju ketibaan/kedatangan. 
  2. Kedatangan/ketibaan: terjadi secara acak. 
  3. Mekanisme pelayanan: Sebuah unit akan dilayani dalam panjang waktu yang acak berdasarkan suatu distribusi probabilitas. 
  4. Kapasitas sistem: tidak ada batasan 
  5. Displin antrian – Urutan layanan, misal, FIFO.

Aliran Sistem Antrian

  1. Kedatangan dan pelayanan didefinisikan melalui distribusi probabilitas waktu antara kedatangan dan distribusi waktu pelayanan. 
  2. Laju pelayanan vs. laju kedatangan: tidak stabil atau ekplosif 
  3. Keadaan: jumlah unit dalam sistem dan status dari pelayan 
  4. Peristiwa: Stimulan yang menyebabkan keadaan sistem berubah. 
  5. Clock simulasi: Trace waktu simulasi.


Sistem Antrian

  • Antrian ialah suatu garis tunggu pelanggan yang memerlukan layanan dari satu/lebih pelayan (fasilitas layanan). 
  • Antrian timbul disebabkan karena kebutuhan akan layanan melebihi kapasitas pelayanan, sehingga pengguna fasilitas (pelanggan) yang tiba tidak bisa segera mendapat layanan. 
  • Tambahan fasilitas pelayanan dapat diberikan untuk mengurangi antrian atau untuk mencegah timbulnya antrian. Akan tetapi biaya karena memberikan pelayanan tambahan, akan menimbulkan pengurangan keuntungan. 
Klasifikasi menurut Hillier & Lieberman :
  1. Sistem pelayanan komersial ; seperti model antrian di restoran, kafetaria, toko-toko, salon, butik, supermarket, dll.
  2. Sistem pelayanan bisnis-industri; mencakup lini produksi, sistem material-handling, sistem pergudangan, dll.
  3. Sistem pelayanan transportasi
  4. Sistem pelayanan sosial; seperti kantor registrasi SIM & STNK, kantor pos, rumah sakit, puskesmas, dll. 
Contoh Sistem Antrian

Komponen Dasar Proses Antrian 
  1. Kedatangan : proses input, yang meliputi sumber kedatangan. Terjadinya kedatangan umumnya merupakan variabel acak. Misal : orang, mobil, panggilan telepon untuk dilayani, dll 
  2. Pelayan (fasilitas pelayanan/server) : mekanisme pelayanan dapat terdiri dari satu/lebih pelayan. Setiap fasilitas pelayanan kadang-kadang disebut sebagai saluran (channel). 
  3. Antrian : dipengaruhi oleh sifat kedatangan dan proses pelayanan. Jika tidak ada antrian berarti terdapat pelayan yang menganggur atau kelebihan fasilitas pelayanan.


Disiplin Antrian adalah aturan keputusan yang menjelaskan cara melayani pengantri.
Ada 5 bentuk disiplin antrian yang biasa digunakan :
  1. First-Come First-Served (FCFS) atau First-In First-Out (FIFO).
  2. Last-Come First-Served (LCFS) atau Last-In First-Out (LIFO).
  3. Service In Random Order (SIRO).
  4. Priority Service (PS).







Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 11 SDP 7E : Punguatan IT UHAMKA

Tugas 10 [ RIZKI ] : Pengamatan URL UHAMKA SDP7E21

Tugas 2 [ Rizki ] : Ruang Lingkup Simulasi & Pemodelan 7E21